Ruang Kolaborasi Modul 1.2 Nilai Peran Guru Penggerak - CGP Angkatan 7
Table of Contents
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak.
Memasuki ruang kolaborasi modul 1.2 diskusi mandiri. Ruang kolaborasi yang dipimpin oleh fasilitator hebat Ibu Reti Abdullah, M.Pd mengangkat topik tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak.
Beberapa nilai-nilai yang sebaiknya ada dalam diri seorang guru penggerak adalah:
- Responsif: memiliki kemampuan untuk memberikan respon dan tanggapan yang tepat saat berkomunikasi dengan orang lain, terutama saat berdiskusi.
- Mandiri: mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya tanpa tergantung pada orang lain.
- Reflektif: memiliki kemampuan untuk merefleksikan diri sendiri setelah melaksanakan kegiatan, sehingga dapat memberikan evaluasi untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang.
- Kolaboratif: mampu menjaga komunikasi dan hubungan kerjasama yang baik dan positif dengan semua pihak, seperti siswa, orang tua, teman sejawat, dan lingkungan sekitarnya.
- Berpihak kepada murid: fokus utama seorang guru adalah mendidik murid, sehingga harus selalu memperhatikan minat belajar mereka dan menganalisis hasil nilai pada asesmen formatif dan sumatif.
- Pemimpin pembelajaran: mampu mengambil peran sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran.
- Berperan aktif dalam komunitas guru: terlibat dan aktif dalam komunitas guru, serta menjalin kerjasama dengan warga sekolah.
- Mendengarkan dengan baik: menjadi pendengar yang baik bagi siswa dan guru lain, baik saat memberikan pendapat bahkan saat mencurahkan isi hati.
- Tindakan tegas dan tepat: mampu mengambil tindakan tegas dan tepat dalam situasi yang membutuhkan keputusan cepat.
Dengan memiliki nilai-nilai yang tepat, seorang guru penggerak dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan panduan yang dibutuhkan oleh murid, guru, dan komunitas guru. Seorang guru penggerak yang memiliki nilai-nilai seperti responsif, mandiri, reflektif, kolaboratif, berpihak kepada murid, menjadi pemimpin pembelajaran, mengambil bagian dalam komunitas guru, menjalin kerja sama dengan warga sekolah, menjadi pendengar yang baik, dan mampu mengambil tindakan tegas dan tepat dapat membantu membangun lingkungan belajar yang sehat dan produktif. Selain itu, dengan menunjukkan nilai-nilai ini, seorang guru penggerak dapat menjadi contoh yang baik bagi murid dan rekan guru, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah atau bahkan di seluruh komunitas pendidikan.
Setelah menyelesaikan tugas ruang kolaborasi bersama kelompok, pada sesi pertemuan tatap maya ini saya bersama rekan kelompok 3 akan mempresentasikan hasil kolaborasi di depan kelompok lain dan fasilitator.
Berikut ini flipbook presentasi tugas kelompok ruang kolaborasi modul 1.2:
Berikut ini video presentasi tugas kelompok ruang kolaborasi modul 1.2:
Salam Guru Penggerak dan Jangan Lupa Bahagia
Post a Comment