Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

Table of Contents

Telah resmi dirilis Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam atau Deep Learning oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia tahun 2025.

Naskah akademik ini membahas tentang Pembelajaran Mendalam (PM) dalam konteks pendidikan di Indonesia. Dokumen ini menjelaskan landasan filosofis, teoretis, yuridis, dan empiris yang mendukung penerapan PM, dengan tujuan meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan. PM didefinisikan sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan suasana belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Naskah ini menguraikan kerangka kerja PM yang terdiri dari dimensi profil lulusan, prinsip pembelajaran, pengalaman belajar, dan kerangka pembelajaran. Strategi implementasi PM mencakup penyesuaian kurikulum, peningkatan peran guru, kepala sekolah, dan pengawas, serta optimalisasi ekosistem pendidikan. Rekomendasi diberikan untuk memastikan implementasi PM yang efektif dan berkelanjutan di semua jenjang pendidikan.

Pembelajaran Mendalam: Fondasi Pendidikan Bermutu untuk Indonesia Emas 2045

Pendahuluan:

Indonesia menghadapi tantangan pendidikan yang kompleks di era global yang dinamis. Krisis pembelajaran berdampak pada rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa. Oleh karena itu, transformasi pendidikan yang mendalam dan merata sangat diperlukan. Pembelajaran Mendalam (PM) hadir sebagai pendekatan yang relevan untuk menjawab tantangan ini.

Apa itu Pembelajaran Mendalam?

  • PM adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penciptaan suasana belajar yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful)
  • PM dilakukan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik dan terpadu
  • PM bukan kurikulum, melainkan pendekatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum yang ada.
Tujuan PM adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penerapan pengetahuan dalam konteks dunia nyata, serta pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

Kerangka Kerja Pembelajaran Mendalam:

PM memiliki empat komponen utama yakni Dimensi Profil Lulusan:
Mengacu pada delapan dimensi yang harus dimiliki peserta didik, yaitu:
  1. Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kewargaan
  3. Penalaran kritis
  4. Kreativitas
  5. Kolaborasi
  6. Kemandirian
  7. Kesehatan
  8. Komunikasi
Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Pengalaman Belajar: Memahami, mengaplikasi, dan merefleksi.
Kerangka Pembelajaran: Praktik pedagogis, lingkungan pembelajaran, kemitraan pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi digital.

Strategi Implementasi Pembelajaran Mendalam:

  • Keterkaitan dengan Kurikulum: Penajaman materi esensial, peningkatan keterlibatan siswa, pengurangan beban administrasi guru, dan pemanfaatan teknologi.
  • Ekosistem Pendidikan: Melibatkan guru sebagai pusat ekosistem, satuan pendidikan, masyarakat, DUDIKA, keluarga, media, Dinas Pendidikan, dan Kemendikdasmen.
  • Optimalisasi Peran Guru: Guru sebagai aktivator, pembangun budaya, dan kolaborator.
  • Pemanfaatan Teknologi Digital: Untuk pembelajaran interaktif, kolaboratif, dan kontekstual.
  • Asesmen: Asesmen formatif dan sumatif yang otentik dan holistik.

Rekomendasi:

  • PM sebagai fondasi utama peningkatan mutu pembelajaran.
  • Penerapan PM yang didukung lingkungan pembelajaran kondusif, kemitraan yang luas, dan pemanfaatan teknologi digital.
  • Penyelarasan peraturan perundang-undangan terkait pendidikan.
  • Pengurangan beban mengajar guru dan penataan materi esensial.
  • Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan yang terintegrasi.
  • Pengembangan program guru mentor dan komunitas belajar.
  • Peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas.
  • Penyusunan buku guru dan buku siswa yang mendukung PM.

Kesimpulan:

Pembelajaran Mendalam adalah pendekatan yang menjanjikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan implementasi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, PM dapat membantu mewujudkan generasi Indonesia yang kompeten, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan global menuju Indonesia Emas 2045.

Download Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam:
Silahkan klik tautan berikut https://s.id/nasmikPM

Sulaiman Tolis
Sulaiman Tolis Teacher, Trainer, Youtuber

Post a Comment